IGI Road to School Berbagi Pengalaman Implementasi Kurikulum Merdeka di SMPN 3 Mamuju





Sabtu, 29 Juli 2023, Ikatan Guru Indonesia (IGI) mamuju mengadakan kegiatan IGI Road to School di SMPN 3 Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi informasi dan pengalaman tentang isu-isu terkini yang dibutuhkan oleh sekolah-sekolah, khususnya mengenai implementasi kurikulum merdeka.


Kegiatan ini diikuti oleh semua guru di SMPN 3 Mamuju, yang mendapatkan materi terkait analisis CP, TP dan ATP, serta pembuatan Modul dan implementasi P5 oleh tim IGI Sulawesi Barat dan IGI Mamuju. Ketua Umum IGI Sulawesi Barat, Sutikno, yang juga hadir dalam kegiatan ini, menyatakan bahwa IGI Sulawesi Barat siap mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan di Sulawesi Barat.


"IGI Sulawesi Barat sudah memiliki database pelatih maupun pemateri yang siap diterjunkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Barat. Kami juga siap bekerja sama dengan pemerintah daerah, dinas pendidikan, sekolah-sekolah, dan organisasi lain yang peduli dengan pendidikan," ungkapnya.


H Muhtar, Kepala SMPN 3 Mamuju, menyambut baik kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada IGI Sulawesi Barat. "Saya selaku kepala SMPN 3 Mamuju sangat bangga dengan kehadiran Ketua Wilayah IGI Sulawesi Barat dan ketua IGI daerah mamuju beserta tim pada hari ini di SMPN 3 Mamuju dalam rangka memberikan materi terkait implementasi kurikulum merdeka untuk yang pertama kali di SMPN 3 Mamuju ini," katanya.

H. Muhtar menambahkan bahwa materi yang diberikan sangat membantu untuk menambah wawasan dan pengetahuan guru-guru di SMPN 3 Mamuju. "Ke depan Insya Allah kami dari SMPN 3 Mamuju ini akan terus meminta bantuan dari tim IGI untuk membantu kami jika sekiranya dalam implementasi kurikulum ini ada hal-hal yang masih baru bagi kami dan ada kendala dalam pelaksanaannya," tuturnya.


Buhari, Wakasek Kurikulum SMPN 3 Mamuju, mengatakan bahwa kegiatan IGI Road to School sangat positif bagi sekolahnya. "Bagi saya ini adalah langkah yang sangat bagus sekali, karena kita tahu IGI lebih fokus pada peningkatan kompetensi pendidik yang berada digarir depan dalam pembelajaran. Dengan adanya kegiatan IGI Road to School ini, pihak sekolah yang dikunjungi akan langsung bertanya secara fokus apa kendala dan solusi serta pengalaman pembelajaran yang diterapkan disekolah yang mungkin telah dilaksanakan di sekolah yang mungkin sudah dilaksanakan oleh teman pengurus IGI yang tentunya adalah pendidik juga yang tetap juga memperhatikan karakteristik siswanya masing-masing. Beda kalau kegiatan pelatihan yang dilaksanakan dalam skala besar melalui workshop yang melibatkan banyak sekolah. Intinya melalui kegiatan IGI Road to School ini, teman pendidik lebih fokus dengan permasalahan yang dihadapi disekolah yang dikunjungi," ujarnya.


Abdul Gafur, Ketua IGI Daerah Mamuju, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program IGI untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sulawesi Barat khususnya Mamuju. "Kami ingin berbagi ke sekolah-sekolah di Kabupaten Mamuju mengenai isu terkini yang dibutuhkan oleh sekolah-sekolah. Untuk sekarang lebih fokus pada implementasi kurikulum merdeka, karena ini adalah tantangan baru bagi guru-guru di era digital," ujarnya.


IGI Road to School merupakan salah satu program unggulan IGI Mamuju. Program ini bertujuan untuk memberdayakan guru-guru di mamuju melalui pemberian bantuan teknis, pelatihan, bimbingan, dan fasilitasi terkait isu-isu strategis dalam dunia pendidikan.(stk)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama