Drs. Sahabuddin M. Pd, Kepala Sekolah SMPN 1 Mamuju Ajak Guru-Guru Belajar Artificial Intelligence

SMPN 1 Mamuju, salah satu sekolah unggulan di Sulawesi Barat, baru saja mengadakan rapat konsolidasi guru, kepala sekolah, dan staf pada Selasa, 25 Juli 2023. Rapat ini bertujuan untuk menyatukan visi dan misi kepemimpinan baru di bawah Drs. Sahabuddin, M.Pd, yang baru saja ditunjuk sebagai kepala sekolah menggantikan pendahulunya.

Dalam rapat tersebut, Drs. Sahabuddin menekankan pentingnya harmonisasi, kesatuan, dan kekompakan dalam mewujudkan misi dan visi yang telah ditetapkan. Ia juga berkomitmen untuk mewujudkan SMPN 1 Mamuju sebagai sekolah yang berkarakter, bukan hanya dalam tataran konseptual. Perubahan dasar yang pertama dilakukannya adalah mewajibkan salat duhur untuk semua siswa dan melakukan pembiasaan mengucapkan salam bila saling bertemu sesama.

Yang berbeda dari rapat-rapat pada umumnya, untuk efektivitas pada rapat ini di rangkaikan dengan workshop Implementasi Kurukulum Merdeka. Sutikno, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulawesi Barat , hadir sebagai Pemateri yang membawakan materi tentang kecerdasan buatan (AI) dan dampaknya terhadap cara-cara guru mengelola kelas. Sutikno mengatakan bahwa AI adalah teknologi yang dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, baik dari segi konten, metode, maupun evaluasi. Ia juga memberikan contoh-contoh aplikasi AI yang dapat digunakan oleh guru, seperti chat GPT, kahoot dan membuat ppt 

Sutikno, selaku Ketua IGI Sulbar, memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Drs. Sahabuddin atas inisiatifnya mengajak guru dan staf SMPN 1 mempelajari AI dan menerapkannya dalam pembelajaran. Sutikno mengatakan bahwa ini adalah terobosan yang baru dan membuktikan bahwa beliau adalah pemimpin pendidikan yang berpikir terbuka. Ia berharap bahwa Ini dapat menjadi inspirasi bagi kepala sekolah yang lain untuk mengikuti jejak Drs. Sahabuddin dalam mengembangkan potensi guru-guru di era digital.

Guru-guru yang hadir dalam rapat tersebut nampak antusias menanggapi paparan AI dan dampaknya terhadap proses pembelajaran. Mereka mengaku tertarik untuk belajar lebih banyak tentang AI dan bagaimana mengimplementasikannya di kelas. Mereka juga berharap bahwa hal baik seperti ini dapat dilakukan secara rutin untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru-guru di SMPN 1 Mamuju.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama