IGI Sulbar Minta Acara Wisuda SD sampai SMA Ditiadakan, Dinilai Merugikan Orangtua Murid

Sutikno, S.Si.,S.Pd.,M.Pd

 Mamuju, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) buka suara soal polemik acara wisuda yang diadakan mulai dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ketua IGI Sulbar Sutikno mengatakan, acara seremonial wisuda siswa seperti itu bukan hal penting dan wajib untuk dilakukan oleh sekolah.

"Kegiatan sermonial seperti itu sangat merugikan orangtua siswa dan tidak bernilai manfaat," ungkap Sutikno saat dihubungi Tribun-Sulbar.com, Sabtu (17/6/2023).

Acara pembagian ijazah atau rapor dilaksanakan di hotel-hotel ini sungguh tidak masuk di akal, sampai harus membebani biaya kepada orangtua siswa.

Kata dia, hari ini kondisi ekonomi sedang sulit jadi acara seperti itu sebaiknya dihapuskan dan tidak digelar lagi.

"Sebaiknya acara seperti ditiadakan, baik itu sekolah negeri maupun swasta.Hari ini kondisi serba sulit, hendaknya acara seremonial lebih mementingkan isi," ujar dia.

Sekedar diketahui, dikutip dari Bangkapos.com, perdebatan mengenai wisuda yang dilaksanakan anak TK hingga SMA viral di media sosial.

Keramaian soal wisuda yang minta dikembalikan hanya untuk yang lulus kuliah diunggah akun twitter, Senin (12/6/2023).

Disebutkan dalam unggahan tersebut, jenjang TK, SD, SMP, hingga SMA dinilai tidak perlu mengadakan wisuda.

"Kembalikan wisuda hanya untuk lulus kuliah. TK, SD, SMP, SMA tidak perlu wisuda," tulis seperti dikutip Bangkapos.com

Hingga Kamis (14/6/2023), unggahan tersebut telah tayang berjuta-juta kali, disukai puluhan ribu akun Twitter, dan dibagikan ribuan kali kali.

Salah satu orangtua murid bernama Mikhayla Eka, mengadu ke Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

Dia meminta agar dihapus acara wisuda yang dianggap tidak perlu diadakan di TK, SD, SMP hingga SMA.

Hal itu disampaikan Eka di kolom komentar di unggahan Instagram Nadiem Makarim pada Selasa kemarin.

Menurutnya, wisuda hanya diperuntukkan di perguruan tingi, adapun di sekolah, Eka beranggapan itu hanya memberatkan orangtua siswa.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunsulbar.com dengan judul IGI Sulbar Minta Acara Wisuda SD sampai SMA Ditiadakan, Dinilai Merugikan Orangtua Murid, https://sulbar.tribunnews.com/2023/06/17/igi-sulbar-minta-acara-wisuda-sd-sampai-sma-ditiadakan-dinilai-merugikan-orangtua-murid.

Penulis: Abd Rahman | Editor: Nurhadi Hasbi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama